Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan analitis matematis dan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment Design dengan rancangan penelitian faktorial 2X2. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiwa Jurusan Pendidikan Matematika semester 4 kelas D dan kelas E UIN Raden Intan Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara dan observasi. Uji normalitas dilakukan sebelum uji hipotesis penelitian. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Multivariate Analysis of Variance (Manova). Hasil pengujian hipotesis diperoleh signifikansi <0.05 yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada kemampuan analitis matematis dan kemampuan pemecahan masalah yang diberikan model pembelajaran tutor sebaya daripada pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, terdapat pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan analitis matematis dan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung.
Copyrights © 2021