Pembelajaran matematika realistik yang dipadukan dengan kearifan lokal Toraja (ukiran Toraja) dan memperhatikan gaya kognitif merupakan sebuah ide yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi, menarik bagi siswa, dan mampu mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa field independent yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik menggunakan ukiran Toraja. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIa SMPN 2 Balusu yang berjumlah 17 orang. Peneliti menggunakan desain one group pretes-postest. Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dianalisis untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Besarnya peningkatan sebelum dan sesudah pembelajaran dihitung dengan rumus gain ternormalisasi. Pembelajaran dapat dikatakan berhasil dilihat dari hasil belajar 4 siswa field independent yang berada pada kategori sangat tinggi, serta peningkatan hasil belajar siswa yang dihitung dengan rumus N-gain yaitu 0,843 atau berada pada kategori tinggi.
Copyrights © 2021