Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education

PENERAPAN PENDEKATAN EXPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIS AL-FITRAH KOTA KUPANG

Julhidayat Muhsam (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Nanda Saputra (STIT Al-Hilal Sigli)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan exploratory discovery pada siswa kelas IV MIS Al-Fitrah. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Desain menggunakan model pengembangan menurut kemmis yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV MIS Al-Fitrah berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan data observasi untuk menghitung lembar observasi aktivitas guru dan siswa, data tes dianalisi menggunakan rata-rata nilai dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa yang tuntas dalam pembelajaran siklus I mencapai 35,29 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,11; hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan eksploratory discovery dapat menigkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan KKM yakni 75 pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan exploratory discovery pada siswa kelas IV MIS Al-Fitrah. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Desain menggunakan model pengembangan menurut kemmis yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV MIS Al-Fitrah berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan data observasi untuk menghitung lembar observasi aktivitas guru dan siswa, data tes dianalisi menggunakan rata-rata nilai dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa yang tuntas dalam pembelajaran siklus I mencapai 35,29 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,11; hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan eksploratory discovery dapat menigkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan KKM yakni 75 pada pembelajaran IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...