Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Vol 13 No 2 (2022): Hard dan Soft Skill Hasil Pendidikan Bermutu

Analisis Deiksis Sosial Teks Eksplanasi Berbasis Ekologi Karya Siswa Kelas VIII SMPN 3 Penukal Utara Pembelajaran Bahasa Indonesia

Vendra Ardiansyah (Universitas PGRI Palembang)
Ratu Wardarita (Universitas PGRI Palembang)
Siti Rukiyah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan deiksis sosial yang ada di dalam Teks Eksplanasi bebasis ekologi karya siswa SMP Negeri 3 Penukal Utara. Deiksis sosial relasional dan deiksis sosial mutlak merupakan dua aspek yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kata dan frasa yang menunjukkan deiksis sosial di dalam Teks Eksplanasi bebasis ekologi karya siswa SMP Negeri 3 Penukal Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca, catat, dan inventarisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deiksis sosial relasional dan deiksis sosial mutlak yang digunakan berupa kata dan frasa. Temuan deiksis sosial relasional meliputi Ibu, bapak, saudara sekalian, mbak, pak, Anda, kau, kamu, dik, yuk, bu dan nak. sedangkan deiksis sosial mutlak (absolute) meliputi bapak kepala sekolah, pak guru, bu guru, siswa, siswi, kades, bukades, anak raja, sang rembulan, puyang. Fungsi penggunaan atau pemakaian deiksis sosial dalam teks Teks Eksplanasi bebasis ekologi karya siswa SMP Negeri 3 Penukal Utara. berfungsi sebagai pembeda tingkat sosial seseorang, sopan santun dalam berbahasa, memperjelas kedudukan seseorang, identitas, memperhalus pemakaian berbahasa, dan memperjelas hubungan sosial kekerabatan. Penelitian ini menggolongkan aspek kebahasaan dari teks karya siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new ...