Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 9, No 2 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK IX 2021

KEANEKARAGAMAN BURUNG DI KAWASAN LINGKAR KAMPUS KOPELMA DARUSSALAM

Miratil Hayati (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Nadiatul Asra (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Syahrul Rahmanda (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman fauna, diantaranya   adalah   burung.   Burung   dapat   dijadikan   indikator   kegiatan pengelolaan  lingkungan  karena  keberadaannya  pada  suatu  habitat mengindikasikan kualitas kesehatan lingkungan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis burung pada lingkar kampus Kopelma Darussalam di Kecamatan Syiah Kuala Kabupaten Banda Aceh Provinsi Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode titik hitung. Populasi dalam penelitian ini adalah burung yang terdapat diseluruh lokasi penelitian, sampel dalam penelitian ini adalah burung yang terdapat pada setiap titik pengamatan. Pengamatannya dilakukan dengan cara melakukan pencatatan jenis burung pada setiap titik pengamatan selama 20 menit. Jumlah jenis burung di Lingkar Kampus Kopelma Darussalam terdapat 15 spesies dari 12 Famili. Hal tersebut dapat dilihat pada indek keanekaragaman burung yaitu H’=2.222467.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...