Era Digitalisasi ditandai dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat, sehingga dikebutuhan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis teknologi informasi yang dikemas dalam bentuk video interaktif. Video memberikan harapan baru sebagai alternatif solusi pada salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia. Permasalahan dilapangan banyaknya guru belum dapat membuat media pembelajaran berbasis teknologi informasi berbentuk video interaktif dalam mendukung kualitas dan keberhasilan kegiatan pembelajaran. Tujuan dari pelatihan ini yaitu: Meningkatkan kinerja guru dalam pembuatan video pembelajaran menuju guru yang profesional dan mahir dalam merancang perangkat pembelajaran dan menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran. Motode pengabdian menggunakan desain transfer ilmu pengetahuan dan teknologi meliputi kegiatan: (1) Workshop, (2) Pelatihan dan Pendampingan, dan (3) Evaluasi Hasil Kegiatan. Pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik, dihadiri oleh 15 guru otomatisasi dan tata kelola perkantoran dari wilayah Surakarta. Hasil akhir dari kegiatan yaitu guru dapat meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan dan mengimplementasikan manajemen editing video pembelajaran interaktif yang berdampak pada peningkatan kinerja guru dan menciptakan guru yang profesional. Kata Kunci: Pelatihan, Manajemen Editing, Video Pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021