Melalui pembelajaran tematik, peserta didik dilatih memiliki karakter jujur, tanggung jawab, cerdas, sehat dan bersih, peduli, kreatif, gotong royong sampai menyajikan hasil pengamatannya sendiri. Berdasarkan komponen tersebut maka dapat dikembangkan media pembelajaran Macromedia Flash berbasis keterampilan proses dan karakter. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kenteng pada bulan Mei 2021. Melalui keterampilan proses dan penanaman karakter penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media dari aplikasi Macromedia Flash yang menarik bagi peserta didik kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita, (2) mengetahui kelayakan Macromedia Flash pada kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita, dan (3) mengetahui kepraktisan Macromedia Flash pada kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu analysis, design, develop, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian meliputi: (1) produk pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Macromedia Flash yang dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran, (2) hasil validasi kelayakan Macromedia Flash diperoleh rata-rata 3.73 dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi mendapatkan PA 97.18 % kriteria sangat reliabel, (3) hasil respon dengan 14 peserta didik pada uji coba terbatas mendapatkan persentase 88.55% dengan kategori sangat baik, sedangkan respon dengan 14 peserta didik pada uji coba lebih luas mendapatkan persentase 90.85% dengan kriteria sangat baik, hasil keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I, II, dan III diperoleh rata-rata PA 97.3%.
Copyrights © 2021