Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN 8 Utan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas empat SDN 1 Utan. Sampel penelitian diambil dengan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Sensus/Sampling total. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dam dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode bermain peran. Sedangkan tes digunakan untuk mengukur keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 8 Utan. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan diperoleh nilai signifikansi atau Sig(2-tailed) 0,040 yang berarti <0.05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN 8 Utan.
Copyrights © 2022