Jurnal Kependidikan Islam
Vol. 11 No. 2 (2021): Agustus

Pengaruh Penerapan Aplikasi SIDIA terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal pada Masa Pandemi Covid-19 di TPQ Se-Kecamatan Gubeng Kota Surabaya

Febriana Kurnia Dewi (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Irma Soraya (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2021

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak besar dalam dunia pendidikan, penyelenggaraan pendidikan harus dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan untuk menekan lajunya persebaran covid-19. Pendidikan non-formal dilaksanakan dengan menerapkan Belajar Dari Rumah (BDR). Aplikasi Sistem Pendidikan Agama (SIDIA) yang merupakan aplikasi sistem informasi bagi satuan pendidikan non-formal agama di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan aplikasi SIDIA terhadap penyelenggaraan pendidikan non-formal pada masa pandemi covid-19. Subjek penelitian yakni 6 lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Se-Kecamatan Gubeng di Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi ; in-depth interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman ; data collection, data condensation, data display, conclusions; drawing / verification. Hasil penelitian menunjukkan (1) penyelenggaraan pendidikan non-formal dapat terpantau dengan efektif dan efisien melalui aplikasi SIDIA meskipun sedang dalam masa pandemi covid-19, (2) aplikasi SIDIA meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan TPQ di masa pandemi covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Kependidikan Islam is a double-blind reviewed academic journal published by Department of Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam published be-annual, February and August. It concern in the development of Islamic education, conceptual innovation or ...