Jurnal Wawasan Pendidikan
Vol 2, No 1 (2022): Februari 2022

STIMULASI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS ANAK USIA DINI DI MASA BELAJAR DARI RUMAH (BDR)

Azizatul Itsna (Universitas PGRI Semarang)
Muniroh Munawar (PGPAUD, FIP, UPGRIS)
Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti (PGPAUD, FIP, UPGRIS)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Salah satu bagian kemampuan kognitif anak usia dini tingkat tinggi adalah kemampuan berfikir kritis. lingkup perkembangan berfikir kritis anak dapat dilihat dari hal-hal baru yang muncul dilingkungan sekitarnya. Stimulasi kemampuan berfikir kritis anak penting untuk ditanamkan semenjak usia dini sebagai bekal dimasa dewasanya. Stimulasi kemampuan berfikir krktis biasanya diimplementasikan di lembaga Pembelajaran anak usia dini(PAUD) melalui aktivitas kegiatan bermain dan bereksplorasi dilingkungan sekitar. akan tetapi dimasa pandemi Covid-19 pememrintah memberlakukan kebijakan pendidikan sekolah diseluruh jenjang yang umumnya tatap muka beralih pada belajar dari rumah (BDR). Tugas dan peran orantua menjadi sangat krusial dalam proses tumbuh kembang anak, terutama pada aspek perkembangan kognitif anak yaitu stimulasi kemampuan berfikir kritis anak usia dini. Melalui stimulasi kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini akan mendidik anak supaya berani mengkomunikasikan pemikirannya, memecahkan permasalahan serta dapat mengolah informasi yang diterima. Selain itu dengan mengasah kemampuan berfikir kritis sejak dini anak di harapkan dapat menjadi pribadi yang lebih teliti, tidak mudah putus asa serta bertangung jawab. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara menstimulasi kemampuan berfikir kritis anak saat masa belajar dari rumah (BDR) melalui pembiasaan-pembiasaan sederhana yang dapat dilakukan dirumah bersama keluarga. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka dari berbagai sumber referensi yang relevan. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui aktivitas dan pembiasaan sederhana seperti menjalin sebuah kominukasi yang efektif dan kesempatan bereksplorasi dalam aktivitas kesehariannya dapat menumbuhkan kemampuan berfikir kritis anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...