Berajah Journal
Vol. 2 No. 1 (2022): February

ANALISIS KEMAMPUAN MEMBUAT NASKAH DONGENG SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA PAPUNGAN 01 KABUPATEN BLITAR

Arif Muzayin Shofwan Shofwan (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Rina Insani Setyowati (Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2021

Abstract

Fokus penelitian ini untuk menganalisis kemampuan membuat naskah dongeng siswa kelas IV MI Miftahul Huda Papungan 01 Kabupaten Blitar. Penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif analitis ini menghasilkan temuan bahwa kemampuan membuat naskah dongeng dari 21 siswa-siswi mengalami peningkatan 15%. Yakni dari kemampuan awal sebelum mendapatkan bimbingan menulis naskah dongeng 65% dan kemudian setelah mendapatkan bimbingan menulis naskah dongeng secara mendalam meningkat menjadi 80%. Dengan demikian, dari 21 siswa-siswi tersebut ada 4 siswa yang belum mampu membuat naskah dongeng dan belum mampu mencapai KKM yang telah ditentukan. Oleh karena itu, bagi guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sangat diharapkan untuk terus meningkatkan kemampuan membuat naskah dongeng terutama bagi empat siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...