Berajah Journal
Vol. 2 No. 1 (2022): February

STIMULASI PSIKOSOSIAL UNTUK MENDUKUNG PENGELOLAAN EMOSI ANAK KEBUTUHAN KHUSUS

Tasyia Zharifah Arindayani (Fakultas Psikologi Universitas Airlangga)
Dewi Retno Suminar (Fakultas Psikologi Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari kajian ilmiah ini adalah untuk menemukan rangsangan psikososial yang dapat membantu pengelolaan emosi anak berkebutuhan khusus. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus yang membutuhkan penanganan psikologis berupa rangsangan psikososial untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan emosinya. Strategi pengumpulan data untuk penelitian ini adalah studi terdokumentasi. Dalam penelitian ini yang melibatkan analisis data penelitian, yaitu reduksi data, penyajian data dan validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak penyandang disabilitas mendapat manfaat dari hubungan positif dan rasa memiliki di rumah, sekolah, dan komunitas. Sayangnya, anak-anak penyandang disabilitas mungkin menghadapi pengucilan sosial dan mengalami stereotip sosial yang negatif. Di sisi lain ada banyak contoh orang tua yang telah mendukung anak-anak mereka melawan segala rintangan dan orang tua ini menunjukkan potensi dan pentingnya dukungan psikososial pengasuh anak untuk perkembangan anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...