Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi
Vol 2, No 1 (2022)

DIMENSI DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANJARMASIN

Ngalimun, Ngalimun (Unknown)
Wulandari, Wulandari (Unknown)
Mirawati, Mirawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini mengidentifikasikan pembelajaran berbasis multikultural pada mahasiswa jurusan kebidanan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dengan beberapa penemuan: pertama, memandang keberagaman mahasiswa di perguruan tinggi untuk dapat difungsikan oleh keberadaan tenaga pengajar dalam pendekatan pembelajaran. Kedua, membantu membangun perbedaan yang positif terhadap perilaku keberagamaan kultur, ras etnik dan kelompok keagamaan lainnya yang berada pada penerapan pendekatan multikultural. Ketiga, membantu memberikan ketahanan mahasiswa dengan cara mengajar mereka dalam mengambil keputusan dan keterampilan sosialnya. keempat, untuk membantu peserta didik dalam membangun ketergantungan lintas budaya dan memberi gambaran positif kepada mereka mengenai perbedaan kelompok. Selain itu, proses pendekatan dalam pembelajaran berbasis multikultural dibangun atas dasar konsep pendidikan untuk kebebasan dalam membantu mahasiswa mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam berpartisipasi dan kebebasan mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi (JMPD) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juni. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel ...