JIPB (Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi)
Vol 2 No 1 (2021)

PROFIL KECEPATAN MEMBACA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI: MASIH MENJADI SEBUAH TANTANGAN

Eva Kristinawati Putri (Unknown)
Reni Ambarwati (Unknown)
Nur Qomariyah (Unknown)
Sari Kusuma Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Membaca dengan cepat disertai dengan pemahaman penuh merupakan hal yang sangat diharapkan oleh pembaca. Penelitian deskriptif kualitatif ini mendekripsikan profil membaca cepat 87 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi melalui teknik analisis deskriptif kualitatif terhadap skor memorizing speed. Instrumen yang digunakan meliputi angket untuk penjaringan data sosio-demografi, empat bacaan biologi berbahasa Inggris yang terdiri dari 500 kata beserta pertanyaan untuk tiap bacaan. Penelitian ini mengaitkan skor yang diperoleh dengan beberapa data sosio-demografi responden, misalnya kemampuan Bahasa Inggris, asal daerah, dan intensitas membaca. Lebih dari separuh responden mencapai kategori sedang (56%), sedangkan kategori tinggi hanya dapat dicapai oleh empat mahasiswa. Kelas Unggulan mencapai rerata skor 140 wpm (word per minute) dan unggul dari kelas reguler 109 wpm. Proporsi kategori rendah paling banyak secara berturut-turut dimiliki oleh responden yang berasal dari desa (56,7%), kota kecil (32,5%), dan kota besar (18,75%). Tidak semua mahasiswa yang pernah mengikuti kursus Bahasa Inggris mencapai skor yang lebih baik. Namun, semakin rendah kategori kemampuan membaca, semakin banyak dijumpai mahasiswa yang tidak pernah mengikuti kursus. Intensitas membaca dalam satu bulan nampaknya tidak berpengaruh secara langsung terhadap skor mahasiswa. Empat mahasiswa yang memiliki kategori tinggi justru membaca kurang dari satu buku selama satu bulan. Profil membaca cepat mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi menyisakan tantangan, baik untuk dosen pengampu maupun mahasiswa agar dapat meningkatkan skor yang lebih tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. Jurnal pendidikan biologi memuat artikel ilmiah dengan topik: 1. Inovasi pembelajaran Biologi 2. Pengembangan Perangkat Pembelajaran ...