Rainstek : Jurnal Terapan Sains dan Teknologi
Vol. 3 No. 3 (2021): September

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTORIAL RIDDLE DAN PROBLEM BASED LEARNING SECARA DARING

Yasinta Medi (Unknown)
Maris Kurniawati (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Chandra Sundaygara (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar fisika siswa antara siswa yang belajar mempergunakan pembelajaran Pictorial Riddle serta model pembelajaran PBL secara daring berbantuan aplikasi Google Classroom dan Whatsapp. Mempergunakan jenis penelitian quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Terdapat kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu VIII A serta VIII B dengan populasi semua siswa kelas VIII SMP NEGERI 2 Wagir. Instrumen yang dipergunakan yaitu prestasi belajar siswa dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran. Prestasi belajar siswa melalui soal tes pilihan ganda sedangkan lembar keterlaksanaan model pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi. Analsis uji anova satu jalur yaitu cara yang peneliti gunakan untuk menganalisis data dalam penelitian tersebut. Dan hasilnya menunjukan bahwa: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran pictorial riddle dan pembelajaran PBL secara daring berbantuan google classroom dan Whatsapp dapat dikategorikan sangat baik. Dilihat presentase keterlaksanaannya yaitu 95% sedangkan pada model pembelajaran PBL memperoleh presentase 92%. (2) Terdapat ketidaksamaan prestasi belajar fisika siswa antara siswa yang mempergunakan model pembelajaran Pictorial Riddle serta model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi google classroom dan whatsapp. Taraf signifikansi didapatkan 0,002 < 0,05. Nilai rata-rata pretasi belajar fisika siswa yang belajar dengan Pictorial Riddle adalah 77,50 dan yang menggunakan model pembelajaran PBL 71,31.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtst

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi welcome article submissions from all applied science and technology research areas including Mathematics, Physics, Technology, and Information System . Papers relating directly or indirectly to all aspect of these fields are also welcome to submit. ...