Jurnal Tadris Matematika (JTMT)
Vol 2 No 2 (2021): Volume 02 Nomor 2 December 2021

Perangkat Pembelajaran Metode Inquiry Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika

Evvy Lusyana (STIT MUHAMMADIYAH TEMPUREJO NGAWI)
Tri Rahmah Silviani (Unknown)
Uke Ralmugiz (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Kupang)
Fitriani Fitriani (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran metematika berbasis inquiry based learning untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp dengan tahapan meliputi: (1) studi pendahuluan mencakup analisis kebutuhan dan situasi; (2) tahap perancangan dan pengembangan prototype; (3) tahap penilaian mencakup validasi ahli dan uji coba produk. Instrumen penelitian terdiri dari: (1) lembar validasi RPP dan LKS; (2) lembar penilaian kepraktisan dari guru dan siswa; (3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (4) angket minat; dan (5) prestasi belajar. Subjek uji coba yaitu guru dan siswa MTsN 1 Kota Bima dan SMP N 1 Mantingan. Analisis rata-rata dilakukan dengan cara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis inquiry memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jtm

Publisher

Subject

Library & Information Science Mathematics

Description

Tujuan jurnal ini adalah untuk menerbitkan penelitian berkualitas tinggi dalam pendidikan matematika termasuk pengajaran dan pembelajaran, pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, perkembangan pendidikan, dari berbagai jenis penelitian seperti ...