Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Januari)

Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Siswa Kelas III Tema 2: Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kurikulum 2013

Kamilasari, Anggun (Unknown)
Witono, A. Hari (Unknown)
Affandi, Lalu Hamdian (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku teks siswa kelas 3 tema 2: menyayangi tumbuhan dan hewan kurikulum 2013 sekaligus untuk mengetahui perspektif guru mengenai muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terpadat dalam buku teks siswa kelas 3 tema 2: menyayangi tumbuhan dan hewan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunkan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitan content analysis (analisis konten). Penelitian ini menggunakan buku teks siswa kelas 3 tema 2: menyayangi tumbuhan dan hewan kurikulum 2013 sebagai objek penelitian dan juga dua orang guru sebagai informan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Data pada penelitian ini bersumber dari buku teks siswa kelas 3 tema 2: menyayangi tumbuhan dan hewan kurikulum 2013 dan dua orang guru sekolah dasar. Hasil penelitian ini dianalisis dengan model Miles dan Huberman dengan hasil menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang temuat dalam buku teks siswa kelas 3 tema 2: menyayangi tumbuhan dan hewan kurikulum 2013 adalah nilai karakter religius, jujur, displin, santun, percaya diri, peduli, bertanggung jawab, gotong royong, dan mandiri. Hasil wawancara menunjukkan bahwa  guru memiliki perspektif masing-masing dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran kepada peserta didiknya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...