Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Januari)

Implementasi Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika Pada Masa Pandemic Covid-19

Supriadin Supriadin (Universitas Pendidikan Mandalika)
Herman Syah (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring bagi mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika  pada masa pandemic Covid-19 dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran daring bagi mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika pada masa pandemic Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Narasumber penelitian ini adalah dua orang dosen dan sepuluh orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Triangulasi menggunakan teknik triangulasi sumber.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pembelajaran daring bagi mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika pada masa pandemic Covid-19 dilaksanakan berdasarkan SK Rektor Universitas Pendidikan Mandalika tentang kebijakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika dilaksanakan dengan menggunakan media daring seperti zoom, google class room, whatsapp group. Pada proses pembelajaran secara daring dosen memberikan materi dan tugas kepada mahasiswa menggunakan media yang telah ditetapkan oleh dosen. Proses interaksi yang terjalin dalam pembelajaran daring masih minim. Capaian pembelajaran dalam pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika hasilnya sama dengan pembelajaran tatap muka, hanya saja kriteria ditetapkan lebih rendah mengingat situasi dan kondisi yang ada dengan adanya pandemic Covid-19. Faktor pendukung adanya dukungan dari pihak kampus Universitas Pendidikan Mandalika dengan menyediakan fasilitas pembelajaran bagi dosen melalui aplikasi pembelajaran berlangganan untuk membuat materi pembelajaran dan kuota internet. Bagi mahasiswa pun diberikan layanan gratis kuota internet dengan layanan provider yang telah ditetapkan, hanya saja tidak semua mahasiswa dapat memanfaatkan layanan kuota gratis tersebut. Faktor penghambat dalam pembelajaran daring adalah sinyal internet yang belum semua mahasiswa dapat mengaksesnya dengan baik. Hal ini dikarenakan mahasiswa banyak yang berada di daerah yang kemungkinan sinyal internet masih terbatas. Hambatan yang ada ini menyebabkan mahasiswa tidak dapat secara penuh mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh dosen secara daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...