JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 5, No 4 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Muhammad Ilham Setiadi (Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Malang)
Makbul Muksar (Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Dhia Suprianti (SDN Bandungrejosari 2 Malang)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa tema 8 subtema 1 dan 3 pada pembelajaran 3 dan 4 dengan menggunakan media pembelajaran flipbook berbasis online pada siswa kelas IV UPT SD Negeri 3 Tulungagung, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil dan aktivitas belajar yang rendah menjadi salah satu alasan penelitian ini dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Flipbook berbasis online dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 3 Tulungagung pada tema 8 subtema 1 dan 3 pembelajaran 3 dan 4. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses pembelajaran. Sebelum tindakan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 68,4 dengan ketuntasan belajar sebesar 39,4 %. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 72,9 dengan ketuntasan belajar sebesar 66,6 %, dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 81,8 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 81,8 %..

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...