Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 6, No 2 (2021): Bioedusiana

Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains

Kurniawati Kurniawati (Universitas Islam Negeri Raden Intan)
Nur Hidayah (Universitas Islam Negeri Raden Intan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Keterampilan pada pembelajaran IPA di SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang harus dimiliki oleh peserta didik salah satunya adalah literasi sains. Keterampilan literasi sains bertujuan untuk menerapkan sains dengan baik dan benar, tetapi keterampian literasi sains tersebut masih tergolong rendah. Tujuan Penelitian Penyanyi Adalah untuk review mengetahui pengaruh Pembelajaran pembelajaran berbasis masalah Berbasis blended learning Terhadap kemampuan literasi sains PESERTA DIDIK PADA materi PENCEMARAN Lingkungan. Jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quaisy Experiment . Subyek pada penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kontrol yang menurut 62 peserta didik. Penelitian ini menggunakann desainThe Posttest Only Control Group Desaign. Instrumen pada penelitian berupa tes dan non tes yaitu berupa soal literasi IPA dan angket respon pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa pembelajaran berbasis masalah berbasis blended learning dapat meningkatkan literasi sains peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...