EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091

Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Vivi Andyni Destyana (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Jun Surjanti (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan google classroom serta untuk mengetahui pengaruh antara efektivitas penggunaan google classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi indeks harga dan inflasi kelas XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto yakni sebanyak 119 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 92 dengan menggunakan teknik proporsional random sampling dimana jumlah sampel akan tersebar secara proporsional di masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penggunaan google classroom dapat digunakan secara efektif dalam kegiatan belajar mengajar dengan presentase 76,42%. Kemudian efektifitas google classroom dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar secara positif dan signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...