EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Konsistensi Kebijakan Pendidikan di Indonesia

Ulil Amri (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Rifma Rifma (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Syahril Syahril (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Konsistensi suatu kebijakan akan memiliki pengaruh yang signifikan dalam suatu suatu proses managemen. Begitupula dengan konsistensi kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh pemeritah. Karena kebijakan yang selalu berubah-rubah tentu saja akan memberikan preseden buruk terhadap proses pendidikan itu sendiri. Namun demikian dalam sejarah perjalan pendidikan di Indonesia kebijakannya sering berubah-burah, bahkan di era pendemi ini sajapun sering terjadi perubahan.Maka dalam hal ini yang mendasari penulis untuk melakukan riset mini tentang konsistensi kebijakan pendidikan di Indonesia dan pengaruhnya dengan mutu pendidikan. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode kepustakaan (library research) dengan menggali berbagai penelitian yang relevan baik dari buku-buku maupun jurnal-jurnal. Hasil penelitian ini adalah kebjikan pendidikan di Indonesia dari masa kemasa terus mengalami perubahan jika dimasa orde ditekankan suatu kebijakan pendidikan yang merujuk kepada isu nasionalisasi dan ideologisasi. Filosofi pendidikan diwajibkan berdasarkan Pancasila dan Manipol (Manipesto politik) UUD1945 yang materinya berorientasi pada sosialisme dalam perspektif Indonesia, kemudian pada orde baru kebijakan sentralistik, pada masa reformasi bersifat reformatif dan revolusioner

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...