EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pengembangan Modul Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer Bernuansa Islami Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Andi Ika Prasasti Abrar (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Wahbatul Awwaliah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
A Sriyanti (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Pembelajaran mata kuliah umum yang berlangsung di Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar belum menunjukkan adanya nuansa islami serta belum melibatkan mahasiswa secara aktif. Untuk mengatasinya peneliti berupaya mengembangkan bahan ajar berupa modul mata kuliah aljabar linear elementer bernuansa islami untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai keterkaitan materi dengan nilai-nilai islami berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi untuk modul dan semua instrumen penelitian memiliki rata-rata 4.58 yang berarti termasuk dalam kategori sangat valid. Pada penilaian kepraktisan, rata-rata keseluruhan aspek pada lembar keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul termasuk dalam kategori terlaksana seluruhnya. Selain itu, persentase angket respon mahasiswa untuk keseluruhan aspek adalah 98%. Sedangkan pada penilaian keefektifan, hasil belajar mahasiswa menunjukkan bahwa dari 35 orang mahasiswa terdapat 31 mahasiswa yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan persentase 88.57% dan 5.71% berada pada kategori belum tuntas. Selain itu, hasil pengamatan aktivitas mahasiswa diperoleh bahwa rata-rata aktivitas mahasiswa sebesar 82% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu, modul mata kuliah aljabar linear elementer bernuansa islami berbasis pendekatan saintifik dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...