EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar

Mirna Chrismawati (Universitas PGRI Semarang, Indonesia)
Ika Septiana (Universitas PGRI Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Ketitang Wetan 01 pada Tema 8 yang rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum menerapkan model pembelajaran inovatif dan kreatif di masa pembelajaran daring. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dengan menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point dan Audio Visual. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus 1 sebesar 74 dengan ketuntasan 46,1%, rata-rata kelas pada siklus 2 sebesar 80 dengan ketuntasan 77%, dan rata-rata kelas pada siklus 3 mencapai 88 dengan ketuntasan 84,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point dan Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Ketitang Wetan 01 pada tema 8.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...