EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengaruh Model Pembelajaran Probing-prompting terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Gathot Unggul Pratama Wisnu Bomantara (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
Zulherman Zulherman (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap peningkatan prestasi belajar siswa sekolah dasar pada materi kekayaan sumber energi di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif quasi experiment yang dirancang dengan menggunakan desain penelitian Pretest dan Posstest Non Equivalent Control Group Design. Besar Sampel pada penelitian berjumlah 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas IV-A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV-B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas control. Dalam perhitungan data analisis penelitian menggunakan statistic deskriptif, uji normalitas menggunakan liliefors, homogenitas menggunakan uji fisher dan hipotesis uji-t. Hasil perhitungan hipotesis menggunakan Uji-t dinyatakan kedua kelas menunjukan thitung sebesar 5,565 > 2,021. Sehingga dapat disimpulkan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap peningkatan prestasi belajar siswa sekolah dasar pada materi kekayaan sumber energi di Indonesi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...