EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Evaluasi Manajemen Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa

Rahmawati Rahmawati (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk melihat bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program Praktik Kerja Industri (Prakerin). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods. Pada tahap awal metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan tahap berikutnya mengunakan metode quantitatif. Sampel mengunakan tehnik Purposeful Sampling. Hasil penelitian menunjukkan Program prakerin yang dilaksanakan diperusahaan sangat membantu dalam pencapaian kompetensi siswa dalam jurusannya. Dan juga selama siswa melaksanakan prakerin sedikit banyak membantu meringankan beban kerja pembimbing dilapangan. Siswa belajar sambil bekerja bagaimana menjadi seorang pekerja yang baik dilapangan tanpa diberi upah atau gaji. Mereka murni melaksanakan kegiatan belajar dalam program prakerin selama tiga bulan. Setelah mereka selesai melaksanakan prakerin, kompetensi dibidang perkebunan lah yang diharapkan mereka kuasai dan bisa diaplikasikan dalam dunia kerja maupun bekal mereka untuk berwirausaha

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...