EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengaruh Pelaksanaan Layanan Informasi dengan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Arah Perencanaan Karier Siswa SMK

Tumiyem Tumiyem (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti, Indonesia)
Syahrina Syahrina (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti, Indonesia)
Yudi Umara (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti, Indonesia)
Bagus Aria Syahputra (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan arah perencanaan karir mahasiswa adalah melalui layanan informasi dengan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi dengan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan arah perencanaan karir siswa SMK Negeri 1 Bintang Bayu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan Nonrandomized Control Group Pretest-posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Bintang Bayu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Instrumen Perencanaan Karir Siswa Smk Negeri 1 Bintang Bayu dengan model Skala Likert, menunjukkan koefisien thitung sebesar 4,257 dengan nilai P sebesar 0,000. Hipotesis diterima jika P-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut didapatkan P-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Teknik analisis data menggunakan Independent Samples t-test dengan bantuan SPSS versi 17.00. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi dengan pembelajaran kontekstual lebih efektif dalam meningkatkan arah perencanaan karir siswa SMK Negeri 1 Bintang Bayu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...