EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Efektivitas Penerapan Kebijakan E-Learning Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah

Sahidin Sahidin (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Desimarnis Desimarnis (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Rusdinal Rusdinal (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Nurhizrah Gistituati (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Bagaimanakah keefektivan rumusan kebijakan e-learning, keefektivan penerapan kebijakan e-learning, dan apa kendala impelementasi e-learning di Madrasah Aliyah  masa pandemi covid 19. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektivan rumusan kebijakan e- learning, keefektivan penerapan kebijakan e-learning, dan kendala penerapan e- learning  di Madrasah Aliyah  masa covid 19.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian dilakukan di Kota Payakumbuh pada April 2021, responden 200 orang dari 3 madrasah negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan kebijakan e-learning sangat efektif, penerapan kebijakan  e-learning di Madrasah Aliyah  masa covid 19 kurang efektif, dan terdapat tiga kendala  penerapan e-learning di Madrasah Aliyah  masa covid 19 yaitu kendala pedagogi, teknologi,  dan ekonomi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...