EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Deskripsi Miskonsepsi Siswa pada Materi Senyawa Hidrokarbon: Studi Literatur

Andre End Rico (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Zonalia Fitriza (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi berbagai miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada materi senyawa hidrokarbon. Penelitian ini merupakan Penelitian kepustakaan, jenis penelitian kepustakaan yang digunakan adalah semi-sistematis dan  teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Kegiatan analisis data pada metode Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Senyawa hidrokarbon adalah salah satu materi kimia yang memerlukan pemahaman konsep yang mendalam karena tergolong zat yang sulit dipahami oleh siswa. Dalam pembelajaran kimia, salah satu indikator penting yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan memahami konsep. Hasil tinjauan literatur ditemukan masih banyaknya siswa yang mengalami miskonsepsi dalam berbagai konsep pada materi senyawa hidrokarbon yang dikelompokkan menjadi konsep senyawa hidrokarbon, jenis kekhasan atom karbon, jenis atom karbon, struktur tata nama, isomer, sifat fisika, dan reaksi-reaksi senyawa hidrokarbon

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...