EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Penggunaan Gawai pada Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Anak di Sekolah Dasar

Lia Lutviana (Universitas Muria Kudus, Indonesia)
Ika Ari Pratiwi (Universitas Muria Kudus, Indonesia)
Imaniar Purbasari (Universitas Muria Kudus, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2021

Abstract

Pembelajaran daring menggunakan gawai membuat keadaan motivasi belajar anak harus diperhatikan, karena kurangnya inspirasi belajar menjadi penghalang untuk mencapai tujuan pembelajaran berbasis web. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemanfaatan aplikasi gawai pada anak-anak di Desa Talun dalam pembelajaran berbasis web, dan untuk menggambarkan motivasi belajar anak di Desa Talun dalam pembelajaran berbasis web menggunakan gawai. Penelitian ini ditujukan di Desa Talun, Kayen, Kabupaten Pati dengan subjek penelitian 9 anak SD, 9 wali kelas dan 3 pengajar kelas di SDN Talun 01. Metode pengumpulan informasi yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar anak dalam pembelajaran online dipengaruhi oleh beberapa elemen, yaitu: (1) arahan orang tua dan pengajar, (2) dorongan dalam belajar, (3) latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang berbeda. Dalam penelitian ini, orang tua dan pengajar harus memberikan bantuan dan manajemen kepada anak-anak ketika belajar daring menggunakan gawai sehingga mereka dapat memperluas motivasi belajar anak yang menjadi kecenderungan dan membentuk pribadi anak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...