EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Afektif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Jesica Herlina Rantung (Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Marien Pinontoan (Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Juliana Margareta Sumilat (Universitas Negeri Manado, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap perkembangan afektif siswa kelas IV SD. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 2 Tomohon yang berjumlah 120 dan sampel berjumlah 60 terdiri dari 30 siswa dan 30 orang tua siswa. Jenis penelitian ini menggunakan korelasional yang menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Tahap pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Analisa data dilakukan dengan melakukan uji validitas dan reliablitas yang hasilnya semua data dinyatakan valid dan reliable, selanjutnya dilakukan uji normalitas dan diperoleh hasil nilai Lhitung = 0,060841593 dan Ltabel = 0.09922672 diketahui bahwa Lhitung < Ltabel dan disimpulkan bahwa kedua data dinyatakan normal, selanjutnya dilakukan uji regresi linier sederhana dengan hasil : Y = -0,034270261 + 1,032989913X. Maka dinyatakan pembelajaran daring tidak memberikan pengaruh yang berarah positif. kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menyatakan bahwa thitung = -0,149 < ttabel = 2,001, Karena thitung < ttabel maka secara tidak langsung penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran daring terhadap perkembangan afektif siswa kelas IV SD. Cara belajar siswa dan pendampingan dari orang tua siswa tentunya sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran daring

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...