EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Analisis Kepuasan Stakeholder pada Implementasi Kurikulum MBKM Fakultas Sains dan Teknologi

I Ketut Suastika (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Vivi Suwanti (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Rosita Dwi Ferdiani (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Wahyudi Harianto (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Implementasi kurikulum MBKM pada perguruan tinggi tidak hanya memiliki dampak terhadap pihak internal, tetapi juga pihak eksternal yaitu mitra/stakeholder eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan stakeholder eksternal kurikulum MBKM Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kanjuruhan Malang terhadap implementasi program. Metode penelitian yang digunakan merupakan campuran kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket kepuasan mitra dan pedoman wawancara bagi mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis terhadap angket kepuasan yang diisi oleh stakeholder, dapat dituliskan bahwa rata-rata 97% respon mitra kampus mengajar, 88% respon mitra desa KKN Tematik, dan 100% respon mitra magang serta pertukaran mahasiswa memberikan pilihan jawaban yang mengarah kepada pilihan minimal “Setuju” untuk keseluruhan pertanyaan yang yang diberikan dalam angket. Ini berarti, mitra puas terkait kegiatan program MBKM yang dilaksanakn FST Unikama. Kendala/hambatan yang ditemui pada persamaan persepsi dengan mitra dalam pelaksanaan program-program MBKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...