EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Abroto Abroto (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Maemonah Maemonah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Nelsa Putri Ayu (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Untuk menjadi seorang guru yang profesional ialah keniscayaan yang wajib diwujudkan. Ada cukup banyak guru profesional namun tidak memiliki kemampuan pedagogis yang baik. Kemampuan pedagogis diantaranya kemampuan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan hasil penelitian,maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut; (1) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa melalui pembelajaran blended learning dibandingkan siswa yang diajarkan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan pembelajaran blended learning dibandingkan siswa yang diajarkan pembelajaran konvensional, (3) ada peningkatan motivasi belajar siswa dari penerapan pembelajaran blended learning (4) ada peningkatan hasil belajar siswa akibat penerapan pembelajaran blended learning. Saran dan masukan hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan  kualitas  pembelajaran  TIK,  sebagai  bahan masukan untuk peningkatan  mutu  pendidikan  di tingkat SD/MI dengan model pembelajaran blended learning; dan sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya tentang pembelajaran blended learning Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut guru untuk membuat sebuah inovasi dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya yaitu dengan penggunaan strategi dan model  pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...