EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Analisis pembelajaran Online bagi Siswa Kelas rendah di MI Cibangban

Deni Indrawan (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)
Yessika Destiana Lahabu (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis proses pembelajaran daring di MIS Cibangban. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran berbasis online di MIS Cibangban dari semuanya menggunakan bantuan Aplikasi WhatsApp. Dalam proses pembelajaran, guru mengirimkan materi pembelajaran sesuai kompetensi dasar dengan menggunakan beberapa bantuan media video youtube atau materi yang ada dari buku tema. Dalam proses pembelajaran banyak kendala yang dialami guru dan siswa Solusi yang digunakan guru dalam menghadapi kendala tersebut memungkinkan orang tua siswa datang ke sekolah untuk mengambil tugas yang telah disiapkan langsung oleh guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...