EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengetahuan, Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Keinginan Untuk melakukan Konservasi Hewan Liar yang Terancam Punah

Mutiara Selni (Universitas Nasional Jakarta, Indonesia)
Fachruddin Majeri Mangunjaya (Universitas Nasional Jakarta, Indonesia)
Gugah Praharawati (Institute Pertanian Bogor, Indonesia)
Yeremiah Rubin Tjamin (Universitas Nasional Jakarta, Indonesia)
Bahagia Bahagia (Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2021

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman hayati dengan berbagai macam jenis flora dan fauna. Salah satunya adalah harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang keberadaan populasinya masuk ke dalam kategori status kritis terancam punah (critically endangered). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sosialisasi fatwa MUI terhadap pengetahuan, persepsi dan sikap masyarakat melalui ceramah mengenai ilmu konservasi yang di sampaikan oleh ustadz yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan di kawasan Bukit Rimbang-Baling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan alat uji statistik untuk mengetatahu pengaruh antara variabel X dan Y. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Sedangkan pengumpulan data dilapangan menggunakan instrumen penelitian berupa kuisioner yang dibagikan kepada masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengetahuan memiliki hubungan dengan niat aksi untuk konservasi lingkungan. Demikian hal dengan sikap dan persepsi memiliki hubungan terhadap niat untuk melakukan konservasi lingkungan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, persepsi dan sikap memiliki hubungan terhadap niat untuk melakukan kegiatan konservasi lingkungan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...