EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Evaluasi Program Pengembangan Instrumen Praktek Pengalaman Lapangan

Dalifati Ziliwu (Universitas Nias, Indonesia)
Arozatulo Bawamenewi (Universitas Nias, Indonesia)
Sadiana Lase (Universitas Nias, Indonesia)
Kristof Martin Efori Telaumbanua (Universitas Nias, Indonesia)
Oskah Dakhi (Universitas Nias, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2022

Abstract

Evaluasi program pengembangan instrumen Praktek Pengalaman Lapangan merupakan instrumen yang telah dikembangkan kemudian digunakan untuk mengevaluasi program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di IKIP Gunungsitoli yang meliputi komponen input, proses, dan output program PPL.. Pendekatan penelitian ini menggunakan research and development. Dalam pengumpulan data menggunakan instrumen angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas instrumen dianalisis menggunakan Cronbach's alpha dengan korelasi bivariat antara masing-masing skor indikator dengan reliabilitas instrumen dan skor total. Penelitian ini menunjukkan hasil: komponen input 98,9%, proses 99,06%, dan produk 99,47%, instrumen yang dikembangkan valid dan tergolong sangat baik. Koefisien reliabilitas angket mahasiswa adalah 0,926; dosen pembimbing lapangan adalah 0,925; guru pembimbing dari sekolah sebesar 0,943. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen program evaluasi PPL menghasilkan prototype yang sangat valid berdasarkan validitas isi menggunakan expert judgement termasuk dalam kategori layak untuk digunakan. dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...