EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengaruh Pemberian Apersepsi Scene Setting terhadap Kesiapan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN

Lusi Hidayanti (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Siti Awaliyah (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Nuruddin Hady (Universitas Negeri Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian apersepsi scene setting terhadap kesiapan belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pada penelitian ini, variabel independennya yaitu pemberian apersepsi scene setting dan variabel dependennya yaitu kesiapan belajar siswa. Teknik sampelnya dengan total sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Populasinya yaitu kelas X SMA Kertanegara Malang yang berjumlah 30 orang. Uji asumsi klasik menggunakan uji validitas data, uji reliabilitas data, uji normalitas data, dan uji linieritas. Kemudian Data yang telah terkumpul dari dua kuesioner tersebut, dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hipotesis yang digunakan yaitu terdapat pengaruh pemberian apersepsi scene setting terhadap kesiapan belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pemberian apersepsi scene setting berpengaruh terhadap kesiapan belajar siswa  pada pelajaran PPKn dengan nilai signifikansi 0,00 (0,000 < 0,05). Besarnya kontribusi melalui nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,811 atau 81,1%, yang mana variabel pemberian apersepsi scene setting memberikan sumbangan pengaruh sebesar 81,1%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...