Keterampilan berbicara merupakan kemampuan yang sangat penting dalam berkomunikasi secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas VI sekolah dasar se-Kecamatan Sruweng dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi, pengambilan sample menggunakan simple random sampling, dan pengumpulan data dengan angket dan tes perbuatan. Teknik analisis data dengan uji asumsi klasik dan uji regresi ganda dengan menggunakan SPSS 25. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterampilan berbicara sebesar 26,3 % dengan nilai Sig = 0,000. (2) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap keterampilan berbicara sebesar 16,4 % dengan nilai Sig = 0,000. (3) Ada pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap keterampilan berbicara sebesar 35 %. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh antara kecerdasan emosional, kemandirian belajar, dan keterampilan berbicara
Copyrights © 2021