EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022)

Studi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Menggunakan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif

Ekaterina Setyawati (Universitas Sahid Jakarta, Indonesia)
Ira Mulyawati (Universitas Sahid Jakarta, Indonesia)
Soecahyadi Soecahyadi (Universitas Sahid Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan pembelajaran dengan memberikan Hak Belajar 3 semester diluar Program Studi yang bertujuan meningkatkan kompetensi lulusan. Studi terhadap kesiapan pihak institusi dalam melakukan implementasi dijadikan dasar strategi MBKM berjalan dengan baik. Salah satunya dari mahasiswa, bagaimana respon mereka terhadap pelaksanaannya. Penelitian dilakukan untuk melihat persepsi dan kesiapan mahasiswa mengenai MBKM untuk selanjutnya ditindak lanjuti merumuskan strategi tepat melalui Focus Group Discussion (FGD). Penelitian dilakukan dengan analisa deskriptif kuisioner yang diberikan kepada 313 orang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sahid Jakarta (USahid) dan FGD yang dihadiri oleh para pakar Pendidikan dan dosen USahid. Hasil penelitian ini adalah pengetahuan mahasiswa mengenai adanya kebijakan program MBKM sudah sangat baik, tetapi untuk pengetahuan mahasiswa secara detail mengenai program MBKM masih ada yang rendah, kesiapan mahasiswa untuk menjadi bagian dalam kegiatan MBKM sudah cukup baik, dan penilaian mahasiswa mengenai manfaat program MBKM sudah sangat baik. Strategi yang diperoleh dari FGD diantaranya; perlu melakukan sosialisasi dan diskusi secara berkala melalui media-media online, baik dilakukan oleh Kemendikbud Ristek, Perguruan tingi, Fakultas dan Program studi; perlu adanya unit khusus di tingkat Universitas untuk melayani mahasiswa jika ada kendalan dalam menerapkan program MBKM dan perlu adanya panduan petunjuk teknis dan pelaksanaan MBKM di Program Studi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...