EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021)

Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar

Fatimah Nur Rahma (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Fransisca Wulandari (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Difa Ul Husna (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2021

Abstract

Adanya pembatasan kegiatan di sekolah mengikuti kebijakan dari pemerintah akibat pandemi covid-19 yang semula seluruh kegiatan belajar mengajar di adakan dengan bertatap muka sekarang beralih menjadi pembelajaran jarak jauh dengan menerapkan model pembelajaran dalam jaringan (daring). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan menelaah model pembelajaran daring di masa covid-19 terhadap psikologis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan memakai pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis isi, yaitu mengumpulkan, mencatat, mengolah data dan menarik kesimpulan hingga menjadi data yang ilmiah. Hasil pencapaian penelitian menunjukkan jika model pembelajaran daring yang telah berjalan selama satu tahun ini tidak berjalan efektif bagi siswa sekolah dasar. Hasil penyampaian pembelajaran yang diberikan pendidik juga tidak sepenuhnya dapat ditangkap peserta didik tingkat sekolah dasar. Bahkan kurangnya peran orangtua dalam membantu dan mendampingi anak dalam mengerjakan tugas dari pendidik berdampak pada psikologis anak sehingga anak malas mengerjakan tugas tersebut

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...