EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar

Muhanif Muhanif (Universitas Terbuka, Indonesia)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Juhana Juhana (Universitas Terbuka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh kedisiplinan terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar Se-Gugus Wadasmalang; (2) menganalisis pengaruh kreativitas terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar Se-Gugus Wadasmalang; (3) menganalisis kedisiplinan dan kreativitas terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar Se-Gugus Wadasmalang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berada di Gugus Wadasmalang tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah populasi sebesar 142 siswa dan sampel yang digunakan adalah 105 dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Uji validitas dengan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, dan linearitas, Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat Pengaruh positif antara kedisiplinan (X1) terhadap keterampilan menulis (Y); (2) Terdapat Pengaruh positif antara kreativitas (X2); (3) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan (X1) dan kreativitas (X2) terhadap keterampilan menulis (Y) secara bersama-sama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...