EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Rafika Indra Julia (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Nellitawati Nellitawati (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Dina Dahliana (STAI Solok Nan Indah, Indonesia)
Nana Fauzana Azima (STAI Solok Nan Indah, Indonesia)
Yumna Yumna (STAI Solok Nan Indah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama ini masih monoton. Guru hanya menggunakan buku-buku paket yang di sediakan oleh pemerintah, sedangkan buku paket yang di sediakan pemerintah materinya belum cukup luas dan belum membuat siswa untuk berpikir kritis. Untuk itu perlu adanya pengembangan modul bagi siswa sekoah dasar. Pengembangan modul itu bertujuan agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa dapat belajarn sendiri menggunakan modul . modul akan di desain sedemikian rupa agar memudahkan siswa memahami materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan memakai model yang di kembangkan oleh Robert Maribe Branch. Model ini menggunakan 5 tahapan untuk mencapai hasil yang maksimal. Secara umum hasil validasi materi, validasi desain dan validasi bahasan yaitu valid dan perlu revisi kecil. Hasil praktikalitas modul secara umum dikategorikan praktis dengan keterangan boleh di gunakan dengan revisi kecil. Hasil dari pengembangan modul yaitu meningkatkan minat siswa dalam belajar, memudahkan siswa dalam mengolah materi pembelajaran, pembelajaran menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar siswa. dapat di lihat dari hsoal evaluasi atau kuis yang di berikan. Rata-rata nilai skor kuantitatif 84 dari total 24 siswa, dengan presentase 87% atau 21 siswa tuntas dalam belmbelajaran dengan mendapatkan nilai lebih dari ≥KKM 75.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...