EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Maya Siti Sakdah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)
Andi Prastowo (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)
Nirwana Anas (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Kahoot merupakan salah satu media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian menggunakan aplikasi kahoot juga diterapkan di satuan Pendidikan dasar Kabupaten Simalungun yaitu Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Cendekia pada siswa kelas V materi Ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan kahoot sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V, sedangkan sampel yang diambil yaitu sebahagian dari jumlah populasi sebanyak 15 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuasi eksperimen.One Group Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa test. Dari penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.  Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000 artinya bahwa nilai sig < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha. Maka dapat disimpulkan bahwa media kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi Ekosistem di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Cendekia Kabupaten Simalungun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...