EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Peran Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting Di Sekolah Dasar

Zaenuri Zaenuri (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)
Andi Prastowo (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2021

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19  ini tentunya guru harus bisa menunjukkan kompetensi dalam membimbing, melatih, mendidik, dan mengajar siswanya dan yang paling penting adalah guru bisa berkreativitas dengan baik sistem pembelajaran dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pembelajaran berbasis aplikasi zoom meeting. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskiriptif, Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara serta sumber-sumber data penelitan sebelumnya yang relevan. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dilakukan dengan teknik sebagai berikut:  penggunaan pembelajaran yang terapkan oleh guru, Perencanaan yang dilakukan guru dalam  pembelajaran berbasis zoom meeting, metode dan strategi yang dilakukan oleh guru, penerapan pembelajaran yang dilaksanakan serta kendala dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis zoom meeting. Kemudian yang terakhir yaitu, peran guru dalam perencanaan pembelajaran berbasis aplikasi zoom meeting di Sekolah Dasar AL Fahd sudah dilaksanakan dengan baik dan efisien

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...