EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091

Peranan Teman Sebaya dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Di Masa Covid-19

Puput Agustiningtyas (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Jun Surjanti (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan teman sebaya dan kebiasaan belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar. Sampel yang digunakan berjumlah 80 peserta didik kelas XI IPS SMAN 2 Tuban, teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksplanatori, teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS. Temuan penelitian ini diantaranya : (1) Peranan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar; (2) Kebiasaan Belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar; (3) Peranan teman sebaya tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar; (4) Kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar; (5) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar; (6) Tidak terdapat pengaruh signifikan peranan teman sebaya terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar; (7) Terdapat pengaruh signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Kesimpulannya adalah pada masa pandemi covid-19 motivasi belajar menjadi faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar, dengan fokus kebiasaan belajar dari faktor intrinsik dan dukungan sosial diluar peranan teman sebaya dari faktor ekstrinsik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...