Jurnal Cakrawala Mandarin
Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Cakrawala Mandarin

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MENULIS BAHASA MANDARIN

Aprilia Ruby Wikarti Sukarto (Universitas Negeri Jakarta)
Vanya Zelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Buku ajar umum digunakan sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan kurikulumpembelajaran. Isi dan struktur buku ajar sangatlah penting agar tujuan dan target pembelajarantercapai. Pengembangan buku ajar memerlukan pengetahuan mengenai buku ajar seperti apa yangdibutuhkan. Dengan demikian, perlu dilakukan penelitian analisis kebutuhan untuk mengumpulkaninformasi mengenai kebutuhan buku sebagai dasar merancang buku ajar. Analisis kebutuhan adalahsuatu cara atau metode untuk mengetahui perbedaan antara kondisi yang ada (kenyataan) dengankondisi yang diinginkan atau diharapkan atau seharusnya. Dengan demikian, perlu dilakukan sebuahpenelitian analisis kebutuhan untuk memahami dan mengumpulkan informasi mengenai kebutuhanbuku keterampilan, salah satunya adalah menulis. Buku ajar yang digunakan untuk mata kuliah Menulissama dengan buku ajar yang digunakan untuk mata kuliah Membaca. Pada seri pertama buku tersebut,tidak terdapat penjelasan sejarah perkembangan aksara Han. Selain itu, juga tidak terdapat penjelasantentang radikal aksara Han, serta contoh radikal yang terdapat pada buku tidak terlalu beragam.Menulis adalah sebuah kegiatan mengutarakan atau menyampaikan maksud secara tertulis.Kemampuan tersebut dapat dilakukan hanya jika seseorang memiliki dasar pengetahuan bahasa yangcukup baik. Keterampilan menulis adalah keterampilan yang harus dilatih secara berulang danberkesinambungan. Pengajaran menulis bahasa Mandarin dimulai dari yang mudah atau sederhanahingga yang sulit, mengajarkan guratan dan radikal, aksara, kata, kalimat, paragraf, hingga wacana.Penelitian ini mencakupi pengumpulan informasi dan identifikasi buku keterampilan menulis yangdigunakan PSPBM FBS UNJ dan prodi di universitas lain yang menyelenggarakan pengajaran bahasaMandarin di Indonesia.Hasil penelitian ini berupa informasi yang ada serta yang diinginkan pengguna bukuketerampilan menulis bahasa Mandarin. Untuk keterampilan menulis, terdapat prodi yangmenggunakan buku ajar terbitan Beijing Language and Culture University Press, namun demikianterdapat pula prodi yang menggunakan buku ajar tambahan selain buku tersebut. Selain itu, terdapatpula prodi yang menyusun kompilasi buku ajar. Hal ini disebabkan buku ajar yang sudah ada belumsesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah keterampilan Menulis pada prodi tersebut. Informasitersebut bermanfaat sebagai masukan untuk pengembangan buku ajar mata kuliah Menulis.Keywords: analisis kebutuhan, bahan ajar, menulis, bahasa Mandarin

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CM

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Cakrawala Mandarin merupakan jurnal daring (online), sebagai sarana untuk mengunggah artikel ilmiah dan/atau artikel hasil penelitian tentang bahasa Mandarin, pendidikan bahasa Mandarin, sastra Tiongkok, budaya Tiongkok dan budaya Tionghua Indonesia. Jurnal ini ditujukan kepada siswa, ...