Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2021): November 2021

EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK AL ISLAH PLUS AMPELGADING PEMALANG

riyadi, agus (Unknown)
Isnani (Unknown)
Ahmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan evaluasi kurikulum 2013 mata pelajaran matematika oleh guru di SMK Al Islah Plus Ampelgading Pemalang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang akademik, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana dan guru mata pelajaran Matematika di SMK Al Islah Plus Ampelgading Pemalang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisa data dilakukan mulai dari pengumpulann data, editing (pemilahan), dan pengecekan keabsahan data menggunakan metode trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Al Islah Plus Ampelgading Pemalang sudah berjalan dengan baik walaupun masih mengalami beberapa kendala. Pada proses pembelajaran Matematika di SMK Al Islah Plus Ampelgading Pemalang belum sepenuhnya sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh guru. Dalam kegiatan pendahuluan guru terkadang tidak menyampaikan apersepsi dan tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan inti yaitu melaksanakan pembelajaran saintifik (5M) yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan belum sepenuhnya berjalan lancar. Guru melaksanaan pembelajaran sainstifik dengan memperhatikan materi pelajaran, karena tidak semua materi pelajaran dapat dipahami dengan baik oleh siswa jika dilakukan pembelajaran sainstifik;2) Hasil Evaluasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Matematika SMK Al Islah Plus Ampelgading Kabupaten Pemalang, diantaranya: (a) Sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran, terutama buku pelajaran yang belum cukup dari pemerintah; (b) Guru belum sepenuhnya paham tentang Kurikulum 2013. (c) Guru masih bingung dengan penilaian yang sangat banyak dalam Kurikulum 2013, terutama dalam menilai aspek sikap; (d) Adanya guru yang belum menguasai IT, padahal untuk melaporkan hasil penilaian dibutuhkan penguasaan IT; (e) Dana yang minim dari sekolah untuk mengembangkan potensi peserta didik, sehingga pelaksanaan Kurikulum 2013 terhambat; (f) Kurikulum 2013 menghabiskan banyak waktu jika dilaksanakan secara keseluruhan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...