Musamus Devotion Journal
Vol 3 No 2 (2021): Musamus Devotion Journal

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PEMUDA-PEMUDI PANTAI PAYUM SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN MENGGALI IDE USAHA BARU

Dewi Putri Anjar Wulan (Universitas Musamus)
irfan wildzan muafa (Jurusan Manajemen, Fakultas Eonomi dan Bisnis Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Pertambahan jumlah angkatan kerja di Indonesia selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun, peningkatan itu tidak dibarengi dengan peningkatan jumlah lapangan kerja. Ketidakseimbangan yang terjadi antara jumlah tenaga kerja dan lapangan pekerjaan yang tersedia akhirnya menyebabkan masalah pengangguran. Bertolak pada para pemuda asli papua di Pantai Payum, terdapat cukup banyak yang belum memiliki pekerjaan, ada yang putus sekolah, dan hanya bergantung pada orang tua atau bantuan dari pemerintah sehingga dirasa perlu untuk memberikan pelatihan kepada generasi muda penerus bangsa ini agar dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan serta menelusuri potensi yang ada. Dengan kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu membuat inovasi baru dalam hal usaha serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan jiwa kemandirian generasi muda. Melalui pemberian pelatihan tentang kewirausahaan yang ditujukan bagi pemuda-pemudi pantai Payum oleh tim pengabdian, masyarakat akan mampu melihat potensi-potensi dan ide-ide yang berpeluang dikembangkan menjadi usaha. Sehingga, ketika masyarakat mampu mengembangkan ide tersebut, masyarakat payum akan mampu meningkatkan perekonomian secara bertahap. Kata Kunci : Kewirausahaan, Jiwa Kewirausahaan, Ide Usaha

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

devotion

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Musamus Devotion Journal (MDJ) is a peer reviewed journal published by Departement of Research and Devotion (LPPM), Musamus University, Merauke, Indonesia. MDJ published twice a year (April and Oktober) available in electronic and printed version. Hence, we are welcome submission paper in English or ...