JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 8 No 2 (2021)

STUDENT LEARNING MOTIVATION IN ONLINE BASED PHYSICS LEARNING AT SMAN 1 AMANDRAYA

Febrius Buulolo (Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia)
Hebron Pardede (Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia)
Bajongga Silaban (Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika berbasis online sekolah menengah atas negeri 1 Amandraya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh peserta didik dan guru. Sampel penelitian ini terdiri 85 peserta didik dan 2 guru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket melalui Google Form dan Whatsapp diberikan kepada 43 item untuk peserta didik dan 15 item untuk guru. Hasil penelitian motivasi belajar fisika peserta didik diperoleh dan dianalisis berdasarkan respon peserta didik dan guru, yaitu pada indikator pada cita-cita dan aspirasi peserta didik tergolong baik, kemampuan peserta didik tergolong cukup baik, kondisi peserta didik tergolong baik, upaya guru dalam membelajarkan peserta didik tergolong sangat baik, kondisi lingkungan peserta didik tergolong baik, fasilitas belajar peserta didik tergolong cukup baik. Keseluruhan indikator motivasi belajar fisika berdasarkan respon peserta didik dan guru pada pembelajaran fisika berbasis online tergolong baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...