Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Educandum

PENGARUH KECANDUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

M.Ichsan Nawawi (Unknown)
Nurwahidah Nurwahidah (Unknown)
Dea Dwi Anggarini (Unknown)
Asriani Nur (Unknown)
Ryaas Rasyid Febrianto (Unknown)
Sulfiyah Sulfiyah (Unknown)
Fita Fita (Unknown)
Syahrul Alam Syah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan narasi kebangsaan dalam bingkai kebhinekaan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) peserta didik di MAN 1 Mamuju. Penelitian menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa narasi kebangsaan dalam bingkai kebhinekaan peserta didik bersumber dari pengetahuan dan pengalaman mereka baik dalam pembelajaran di kelas maupun melalui kegiatan ekstrakurikuler dan media sosial. Dari sinilah potensi terciptanya perilaku saling menghormati dan menghargai keberagaman serta dapat berkembang dengan baik. Di lain sisi, di antara mereka terjadi kontra narasi kebangsaan, masih ada problem kecil soal relasi dengan teman berbeda agama di antara peserta didik, seperti soal pengucapan selamat natal. Hal ini dipengaruhi sumber rujukan dari kajian keagamaan yang mereka ikuti.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educandum

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Lingkup jurnal Lektur Keagamaan meliputi 1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan ...